Kamis, 14 Agustus 2008
PROFIL SMAN 1 LATAMBAGA
.jpg)
.jpg)
.jpg)
.jpg)
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mengacu pada standar nasional pendidikan dimaksudkan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Untuk memenuhi amanat Undang-undang tersebut di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah pada khususnya, SMA Negeri 1 Latambaga sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Melalui KTSP ini sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik. Untuk itu, dalam pengembangannya melibatkan seluruh warga sekolah dengan berkoordinasi kepada pemangku kepentingan di lingkungan sekitar sekolah.
Dalam dokumen ini dipaparkan tentang Kurikulum SMA Negeri 1 Latambaga, yang secara keseluruhan mencakup:
1. struktur dan muatan kurikulum;
2. beban belajar peserta didik;
3. kalender pendidikan;
4. silabus, dan
5. rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
B. VISI dan MISI
Perkembangan dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; globalisasi yang sangat cepat; era informasi; dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. SMA Negeri 1 Latambaga memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam Visi sekolah berikut:
VISI SMA NEGERI 1 LATAMBAGA
Unggul Dalam Prestasi, Terdidik dan Berbudaya yang Berwawasan Imtaq dan Iptek. |
Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekikinian, sesuai dengan norma dan harapan masayarakat.
Untuk mewujudkannya, Sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut:
MISI SMA NEGERI 1 LATAMBAGA
1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang efektif, kreatif dan inovatif.
2. Menunbuhkan semangan berprestasi kepada semua warga sekolah
3. Mengembangkan prestasi yang dimiliki oleh sekolah.
4. Menumbuhkan kegiatan yang bernuansa agamis, berbudaya dan berbudi pekerti luhur.
5. Mengembangkan dan menumbuhkan kegiatan yang berwawasan iptek yang dapat membekali terjun di dunia kerja.
6. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan warga sekolah dan stake holder school.
7. Meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa.
8. Mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler yang potensial terutama olah raga dan kesenian.
C. Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
D. Standar Kompetensi Lulusan
Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di sekolah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan oleh BSNP sebagai berikut ini.
1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi
E. Sasaran Program:
Kepala Sekolah dan Para Guru serta dengan persetujuan Komite Sekolah menetapkan sasaran program, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.
II. KEADAAN DAN POTENSI SEKOLAH
A. Lingkungan Sekolah
SMA Negeri 1 Latambaga terletak di Kelurahan Kolakaasi,Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka. Keadaan permukaan wilayah Kabupaten Kolaka umumnya terdiri dari gunung dan bukit yang memanjang dari utara ke selatan, memiliki beberapa sungai yang memiliki potensi yang dapat dijadikan sebagai sumber tenaga, kebutuhan industri, kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan irigasi serta pariwisata. Kabupaten Kolaka dipandang dari sudut oceanografi memiliki perairan (laut) yang sangat luas yaitu diperkirakan mencapai + 15.000 Km.
ilayah daratan Kabupaten Kolaka mempunyai ketinggian umumnya dibawah 1.000 meter dari permukaan laut dan berada di sekitar daerah khatulistiwa maka daerah ini beriklim tropis. Suhu udara minimum sekitar 10C dan maksimum 31C atau rata-rata antara 24C - 28C.B. Keadaan Sekolah
1. Sarana dan Prasarana.
a. Tanah dan Halaman
Tanah sekolah sepenuhnya milik negara. Luas areal seluruhnya 10.000 m2.
Keadaan Tanah Sekolah SMA Negeri 1 Latambaga
Status | : | Milik Negara |
Luas Tanah | : | 10.000 m2 |
Luas Bangunan | : | 750,5 m |
Kebun | : | 1000 m |
Lain-lain | : | 7.649.5 m2 |
b. Gedung Sekolah
Bangunan sekolah pada umumnya dalam kondisi baik. Jumlah ruang kelas untuk menunjang kegiatan belajar belum memadai.
Keadaan Gedung Sekolah SMA Negeri 1 Latambaga
Luas Bangunan | : 750,5 m2 |
Ruang Kepala Sekolah | : 1 Baik |
Ruang TU | : 1 Baik |
Ruang Guru | : 1 Baik |
Ruang Kelas | : 3 Baik |
Ruang Lab. IPA | : 1 Baik |
Ruang BP/BK | : 1 Baik |
Ruang Perpustakaan | : 1 Baik |
Ruang UKS | : 1 Baik |
Ruang Osis | : 1 Baik |
Kamar Mandi | : 5 Baik |
Keadaan Personil Sekolah
NO | NAMA | JABATAN | STATUS |
1 | Drs. Parham | Kepala Sekolah | PNS |
2 | Drs.Sadar | Wakasek Kesiswaan | PNS |
3 | Drs.ST.Bansyuari | Wakasek Sarpras | PNS |
4 | Muthahir,S.Pd | Wakasek Kurikulum | PNS |
5 | Ridwan Demmatadju,S.Pd | Wakasek Ur.HUMAS | PNS |
6 | Natalia Mangiwa,S.Pd | Kood. Laboratorium | PNS |
7 | Darnawati,S.Ag. | Koord.Perpustakaan | PNS |
8 | Suardi,S.Pd | Pembina Osia | PNS |
9 | Saderiah,S.Ag | Guru Mapel | PNS |
10 | Dra Suhartutik | Guru Mapel | PNS |
11 | Atik Yuniarti,S.Pd | Guru Mapel | PNS |
12 | Kartini Indra Dewi,S.Sos | Guru Mapel | PNS |
13 | Syahriah Nur | Guru Mapel | PNS |
14 | Nurhaedah,S.Pd | Guru Mapel | PNS |
15 | Musaidin,S.Pd | Guru Mapel | PNS |
16 | Antariks-Al.Juddawie,S.Pd | Guru Mapel | PNS |
17 | Hj.Nurwanita,S.Pd | Guru Mapel | PNS |
18 | Hertiyani,S.Pd | Guru Mapel | GTT |
19 | Mustira Yusuf,S.Sos | Guru Mapel | GTT |
20 | Alif Nur Amin, S.Pd | Guru Mapel | GTT |
21 | Yusrijal rahim,S.Pd | Guru Mapel | GTT |
22 | M. Idris, SE | Guru Mapel | GTT |
23 | Nurlaeli,S.Pd | Guru Mapel | GTT |
24 | Jusrin | Tata Usaha | PNS |
25 | Ishak Ting | Tata Usaha | Non Organik |
26 | Dana | Tata Usaha | Non Organik |
27 | Muh.Irsan | Tata Usaha | Non Organik |
28 | Jamaluddin | Tata Usaha | Non Organik |
29 | | |
F. Kerja Sama Sekolah
1. Kerja sama dengan Orang Tua
Kerja sama dengan orang tua peserta didik dilaksanakan melalui Komite Sekolah. Ada lima peran orang tua dalam pengembangan sekolah, yaitu sebagai:
a. donatur dalam menunjang kegiatan dan sarana sekolah, namun belum berjalan optimal mengingat kondisi ekonominya;
b. mitra sekolah dalam pembinaan pendidikan;
c. mitra dalam membimbing kegiatan peserta didik;
d. mitra dialog dalam peningkatan kualitas pendidikan; dan
e. sumber belajar.
2. Kerja sama dengan Alumni.
Kerja sama antara sekolah dengan alumni belum dapat digali secara maksimal mengingat keberadaan sekolah ini masih tergolong baru.
3. Prestasi yang pernah diraih/dicapai.
1) Bidang Akademis :
- Juara 1 olimpiade sains Komputer dan kebumian Tingkat Kabupaten Kolaka tahun 2007/2008
- Juara 2 olimpiade sains kimia Tingkat Kabupaten Kolaka tahun 2007/2008
- Juara harapan 1 olimpiade sains ekonomi dan biologi Tingkat Kabupaten Kolaka tahun 2007/2008
2) Bidang Non akademis :
§ Juara 3 lari 1500 putra Tingkat Kabupaten Kolaka tahun 2006/2008
§ Juara 2 lomba pokal grup Tingkat Kabupaten Kolaka tahun 2006/2007
§ Juara 3 lomba pokal grup Tingkat Kabupaten Kolaka tahun 2007/2008
§ Juara 3 Qasida Rabbana Tingkat Kabupaten Kolaka tahun 2007/2008
§ Juara 3 Gerak Jalan putra Tingkat Kabupaten Kolaka Tahun 2006/2007
III. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum SMA Negeri 1 Latambaga memuat kelompok matapelajaran sebagai berikut ini:
a. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
b. kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
- kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
- kelompok mata pelajaran estetika;
- kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar